Gerak Benda/SD Kelas 3

BAB VII : GERAK BENDA (IPA KELAS 3 SD)

Link youtube:https://youtu.be/inOVtzRD-PY

     Gerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Benda tak hidup pun dapat bergerak jika ada yang menggerakkannya. Contohnya, anak berlari, burung terbang, katak melompat, bola menggelinding karena ditendang, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan sebagainya. Mengapa benda dapat bergerak? Benda dapat bergerak karena ada tenaga yang menggerakkannya.
A. Macam-Macam Gerak Benda
     Gerak benda dapat terjadi dengan berbagai cara. Ada yang bergerak dengan berlari, ada yang bergerak dengan berjalan, ada yang bergerak dengan terbang, ada yang bergerak di atas air, ada yang bergerak cepat, ada yang bergerak lambat, dan sebagainya.
     Benda yang dapat bergerak cepat, antara lain, sepeda motor, mobil, dan pesawat terbang. Benda yang bergerak lambat, antara lain, jarum jam, daun rontok, dan siput berjalan.Berikut akan kita pelajari bermacam-macam gerak pada benda, antara lain, jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar, dan tenggelam.
1. Jatuh
     Mengapa benda dikatakan jatuh? Pernahkah kamu jatuh? Bagaimana arah geraknya? Apa yang menyebabkannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut!

Gerak Jatuh Suatu Benda
1. Ambil sebuah pensil dan letakkan di atas meja. Kemudian dorong pensil tersebut dengan tanganmu!
2. Apakah yang terjadi? Bagaimanakah kedudukannya? Pensil akan berpindah kedudukannya dari atas meja menjadi ke bawah meja.
3. Jadi, benda dikatakan jatuh apabila kedudukannya atau letaknya berubah dari atas ke bawah. Mula mula pensil berada di atas meja kemudian jatuh ke bawah meja karena ada tenaga yang menggerakkannya.

2. Mengalir
     Tahukah kamu dari mana asalnya air sungai? Air sungai berasal dari mata air di pegunungan, atau berasal dari air hujan. Air sungai kemudian mengalir ke laut yang letaknya lebih rendah. Adanya perbedaan ketinggian antara pegunungan atau sungai dengan laut menyebabkan air dapat mengalir. Jadi, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah.
     Air yang mengalir deras merupakan bentuk energi yang sangat besar. Energi yang sangat besar tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Coba kamu sebutkan PLTA di Indonesia yang kamu ketahui!
gambar 1 air mengalir dari tempat tinggi ke rendah
     Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika membuat tandon air untuk disalurkan ke keran, maka posisi tandon sebaiknya lebih tinggi daripada posisi keran. Apa tujuannya? Agar air dapat mengalir ke keran dengan mudah.

3. Memantul
     Pernahkah kamu melemparkan bola ke arah dinding? Bagaimana arah bola yang mengenai dinding tersebut? Setelah bola membentur dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut memantul.
gambar 2 bola akan memantul jika mengenai dinding di depannya
     Gerakan memantul pada benda ternyata menimbulkan gagasan pada manusia. Berdasarkan gagasan tersebut, terbentuklah berbagai benda atau kegiatan yang memiliki dasar gerak pemantulan. Kegiatan yang telah terbentuk, antara lain, olahraga basket, olahraga voli, permainan bola bekel, dan olahraga tenis.

4. Menggelinding
     Contoh benda yang bergerak dengan cara menggelinding, antara lain, bola dan kelereng. Jika kamu menendang bola, maka bola akan bergerak ke arah tertentu. Gerak menggelinding menyebabkan kedudukan benda berubah.Pernahkah kamu bermain kelereng? Coba saat bermain kelereng, perhatikan gerak menggelinding pada kelereng! Namun, agar kamu dapat mengetahui lebih jelas mengenai gerak menggelinding, coba lakukan kegiatan berikut!
Gerak Menggelinding pada Suatu Benda
1. Lakukan kegiatan ini bersama temanmu. Atur posisi kalian agar saling berhadapan!
2. Letakkan bola di lantai
3. Mintalah kepada temanmu agar mendorong bola ke arahmu! Apakah yang terjadi dengan bola tersebut?

5. Berputar
     Pernahkah kamu melihat kincir angin? Bagaimanakah gerakannya? Pernahkah kamu menggunakan kipas angin saat udara di dalam rumahmuterasa panas? Bagaimanakah gerakannya? Gerakan pada kincir angin dan kipas angin tersebut dinamakan berputar. Coba sebutkan contoh-contoh gerak berputar yang lain! Benda umumnya berputar pada as atau porosnya. Benda yang berputar cepat dapat menimbulkan energi yang besar. Misalnya, putaran yang cepat pada turbin pembangkit listrik dapat menghasilkan energi listrik. Listrik tersebut digunakan untuk membantu aktivitas manusia sehari-hari.
gambar 3  Kincir Angin merupakan 
salah satu contoh benda yang berputar

6. Tenggelam
     Pernahkah kamu berpikir, mengapa kapal yang begitu besar dapat terapung di atas air, sedangkan sebuah paku kecil tenggelam di dalam air? Apakah yang menyebabkannya? Coba diskusikan masalah ini dengan teman-teman dan gurumu!
     Peristiwa tenggelam dan terapung itu juga dialami oleh anak-anak yang sedang berenang dan menyelam. Suatu saat anak-anak tersebut dapat menyelam sampai ke dasar kolam (tenggelam), kemudian mereka naik ke atas permukaan air (melayang lalu mengapung). Dapatkah kamu berenang dan menyelam di air?

a.                                           b.
keterangan : gambar (a) merupakan kapal terapung di permukaan air. sedangkan gambar (b) merupakan telur tenggelam di dalam air.
     
B. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda
     Bola yang menggelinding lama-kelamaan akan berhenti. Bola berhenti menggelinding karena ada gaya yang menghalangi gerak bola. Benda dapat bergerak cepat atau lambat. Cepat atau lambatnya gerakan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain, permukaan benda, ukuran benda, dan bentuk benda.
1. Permukaan Benda
Apakah permukaan benda memengaruhi gerakan benda? Untuk membuktikannya, lakukan kegiatan
berikut!
Permukaan Benda Dapat Memengaruhi Gerak
a. Alat dan Bahan
1) Papan kayu                                              3) Botol kecil
2) Batu pipih                                                4) Balok kayu
b. Cara Kerja
1) Letakkan balok kayu, batu pipih, dan botol kecil di atas sebuah papan kayu yang datar!
2) Miringkan papan tersebut secara perlahan-lahan!
3) Ulangi kegiatan ini beberapa kali!
4) Tulis hasilnya di buku tugasmu!
5) Bandingkan hasil yang kamu peroleh dengan hasil temantemanmu!
c. Pertanyaan 
1) Benda-benda manakah yang akan meluncur lebih dahulu?
2) Benda-benda manakah yang meluncurnya belakangan?
3) Mengapa terjadi perbedaan waktu luncuran? Apa yang menyebabkannya?
4) Kesimpulan apakah yang dapat kamu peroleh dari kegiatan
ini?

2. Ukuran dan Bentuk Benda

Apakah ukuran dan bentuk suatu benda memengaruhi gerakan yang terjadi pada benda tersebut. Pernahkah kamu membuktikan hal ini? Mungkin hal ini sering kamu jumpai di dalam kehidupan seharihari, tetapi kamu tidak menyadarinya. 


Sumber:http://dewayukandini.blogspot.com/2016/01/bab-vii-gerak-benda-ipa-kelas-3-sd.html

No comments:

Post a Comment

Renungan Harian Sabtu 28 November 2020

 Syalom adik-adik.. Bagaimana semangatnya hari ini?? Pasti semuanya baik ya:) Horeeeee!! Nah, sekarang kita merenungkan firman lagi yukkk *K...